Rabu, 20 Januari 2010

TEKNIK MEMPERBANYAK bEGONIA REX

Bagaimana memperbanyak Begonia rex...

Berdasarkan email yang masuk yang mempertanyakan masalah perbanyakan tanaman begonia secara praktis maka pada kesempatan ini, akan kita bahas bagaimana memperbanyak begonia rex.

Memperbanyak Begonia rex bisa menggunakan daun, tunas/pucuk serta batang tanaman.

1.Perbanyakan dengan daun, caranya ambil daun sertakan tangkai 3 cm kemudian tangkai tersebut benam dalam media humus. Maka dalam 3 minggu tunas akan tumbug dari bagian pangkal daun.
2.Perbanyakan dengan menggunakan batang tanaman, batang tanaman/stolon begonia rex yang sudah memanjang potong-potong 3 cm –an, kemudian diletakkan secara horizontal diatas media tanam dan tutup dengan plastik transparan. Maka kurang dari 2 minggu akan muncul tunas baru.
3.Perbanyakan dengan stek pucuk/tunas, cukup potong bagian tunas tanaman kira2 4 cm dari ujung tunas sisakan 2 daun kemudian tanan pada media tanam. Cara ini yang paling mudah dilakukan dan cepat menghasilkan anakan dalam waktu singkat.

Cara perbanyakan tersebut biasanya kami lakukan secara bersama saat membongkar tanaman. Daun kita perbanyak, batang juga dan pucuk sekaligus. Maka tidak heran dalam jangka waktu 3 bulan akan memiliki tanaman yang sangat banyak.

Sebagai contoh anda memiliki 20 indukan setiap indukan becabang 2 saja, dan setiap cabang ada 4 daun dan ada 2 tunas dan setiap batang menjadi 3 stek batang coba berapa total tanaman yang anda miliki 3 bulan kedepan ... 320 tanaman wah ... baru ingat inilah Multilevel Marketing Sejati yang sebenarnya tanpa rekrut orang, presentasi, apalagi tutup point. Ha..ha..ha... Maaf pengalaman saya dulu memiliki indukan 50 tanaman sekarang maaf tidak bisa terhitung jumlahnya. Jika tadi 320 tanaman dan di perbanyak semua maka 3 bulan selanjutnya menjadi 5320....

Boleh dibilang tanaman ini sangat potensial dikembangkan Cuma tidak banyak yang memperhatikan....
Selamat mencoba semoga berhasi

4 komentar:

manis mengatakan...

saya menemukan link ini di blog lain, saya ingin banget menenam sedap malam dan mencari bibitnya, punya ? berapa harga ? umbi boleh lah tolong email ke

balisugar@yahoo.com

bagus mengatakan...

okey nanti saya kirim lengkap masalah sedap malam. tunggu ya... tak cariin dulu datanya

Jabon mengatakan...

hahaaha oke nich infonya. makasih BOSS

Sparklepush mengatakan...

Terima kasih atas infonya

Hahaha kok bagian terakhir nyinggung-nyinggung soal MLM....
Kayaknya pernah punya pengalaman di MLM nih....
Sampe ada bahasa "tutup point" segala.

Begonia memang tanaman yang potensial jadi bisnis yah,. kayaknya cara perbanyakannya juga mudah.
Aku belum coba sih.

Tapi setelah baca artikel ini jadi pengen nyoba.
Kebetulan ada 2 jenis nih.
1. Begonia yang daunya warna ijo
2. Begonia yang daunnya warna Merah keunguan

sekali lagi terima kasih atas sharenya
salam kenal

sebuah kehormatan bagi saya kalo agan mau berkunjung ke blog sederhana saya
Pecinta Tanaman Hias Gantung