Selasa, 19 Mei 2015

Budidaya dan Manfaat tanaman Barbados Cherry

Bagaimana Budidaya dan Manfaat Barbados Cherry

Menjual bibit tanaman barbados cherry
Barbados Cherry merupakan  salah satu jenis cherry yang sangat menarik  sebagai koleksi tabulampot. Buah yang telah matang berwarna merah menyala seukuran buah anggur. Bentuknya mirip buah apel dalam ukuran mini. Meskipun rasa buahnya agak masam, namun banyak dibudidayakan karena memiliki manfaat tinggi dalam bidang kesehatan.
Barbados Cherry  masuk dalam Family Malpighiaceae, Genus      Malpighia Species M. Emarginata. Barbados cherry merupakan tanaman semak atau perdu sehingga  dapat dibudidayakan dengan lahan sempit atau terbatas, karakter tanamannya cukup bandel dan mudah tumbuh di sebagian besar wilayah Indonesia sehingga cukup ideal  ditanam sebagai tabulampot
Tanaman ini berasal dari Yucatan Mexico (en.wikipedia.org). Merupakan kultivar yang dapat tumbuh di iklim tropis maupun subtropis sehingga dapat ditemukan di banyak lokasi di dunia ini seperti Canary Islands, Ghana, Ethiopia, Madagascar, Zanzibar, Sri Lanka, Taiwan, India, Jawa, Hawaii, dan Australia.
Manfaat dan kandungan Gisi
Cherry Barbados adalah tanaman dengan kandungan vitamin C tertinggi ketiga didunia. Cherry barbados termasuk tanaman yang produktif (genjah/mudah berbuah). Barbados Cherry (Malphigia emarginata) di Vietnam merupakan salah satu produk unggulan ekspor Vietnam.   Barbados Cherry sangat kaya akan vitamin A dan C. Kandungan vitamin C dalam Barbados Cherry adalah 16.000 – 17.000 ppm dibandingkan dengan buah jeruk yang hanya mengandung hanya 500 – 4.000 ppm.
Keunggulan Barbados Cherry, ternyata banyak manfaatnya adalah sebagai bahan antioksidan yang tinggi, terutama yang disediakan sebagai juice yang lebih tinggi dibandingkan juice strawberry, anggur dan apel. Di samping itu, sebagai sumber serat, vitamin B2, folate, magnesium, potassium dan copper. Di samping itu, kandungan magnesium, potassium dan Vitamin B5 dalam Barbados Cherry 2 x lipat lebih tinggi dibandingkan buah jeruk.
Manfaat Barbados Cherry adalah mempercepat penyembuhan pilek dan flu, meningkatkan kesehatan otak (mencegah Parkinson’s disease), menjaga kesehatan kulit (mencegah penuaan dini dan sebagai anti jamur).

Tidak ada komentar: