Rabu, 12 Maret 2008

BEGONIA EKSOTIK


BEGONIA NAN ELOK


Begonia merupakan tanaman hias yang sangat menarik terutama begonia eksotik yang didominasi oleh kelompok Begonia rex. Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan. Seperti yang dilakukan oleh Bapak H. Suharto yang dikembangkan dilereng gunung Sumbing tepatnya di Dusun Pakisan desa/Kec. kajoran Kab. Magelang ini. Beliu yang pesiunan kepala sekolah SD mampu mengembangbiakkan tanaman ini. Tanaman hias ini ternyata dapat diperbanyak dengan macam-macam teknik pembiakan diantaranya dengan biji, setek batang, setek tangkai daun, setek urat daun. Sehingga memiliki satu pot tanaman saja dalam 3 bulan sudah bisa menjadi ratusan tanaman ternyata.


Media yang digunakan juga sangat gampang Bapak Suharto menggunakan media daun bambu yang sudah busuk dengan dicampur dengan cacahan bekas tanaman anggreknya. Jenis dan variannyapun juga banyak sekali sehingga pantas untuk dikoleksi.


Peluang untuk dikomersiaelkanpun terbuka luas bagaikan memiliki Bisnis Multilevel ucap Pak Harto. Bagaimana tidak dari 10 indukan dengan harga @ Rp 20.000 bisa menjadi 100 tanaman dalam tempo 3 bulan dan 3 bulan berikutnya sudah menjadi 1000 tanaman gila ... jika tanaman dijual dengan harga bibit per polibag seharga Rp. 8.000,- saja penjualan bisa mencapai omet Rp. 8.000.000,- .


Kelebihan tanaman ini mudah dirawat, mudah dijual karena harga terjangkau dan mudah dibiakkan intinya.

Tidak ada komentar: